Turis Antusias Menonton Pawai Takbiran

takbiranMATARAM, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyelenggarakan lomba pawai takbiran menyambut Idul Fitri 1432 H pada Selasa (30/8/2011) malam. Sejumlah wisatawan asing tampak menyaksikan pawai tersebut.     

Para wisatawan asing didampingi oleh pemandu wisata masing-masing. Mereka ikut berjubel dengan ribuan warga Kota Mataram menyaksikan lomba pawai takbiran yang dipusatkan di lapangan umum Sangkareang.

Warga negara asing tersebut tampak antusias. Sesekali mereka tersenyum ketika melihat parade remaja yang membawa lampu lampion dan berbagai miniatur bernuansa Islam, seperti miniatur masjid dan kitab suci Al Quran raksasa yang terbuat dari papan jenis tripleks.

Pawai ribuan remaja berpakaian muslim yang membawa lampion dan berbagai jenis miniatur bernuansa Islam itu, dilepas secara resmi oleh Wali Kota Mataram Ahyar Abduh di lapangan umum Sangkareang. Selanjutnya, mereka berkeliling di wilayah Kecamatan Mataram.

Lomba pawai takbiran tersebut sebagian besar diikuti remaja masjid dari 50 kelurahan di Kota Mataram ini. Ahyar mengatakan, lomba pawai itu merupakan tradisi tahunan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

“Lomba pawai takbiran ini rutin digelar setiap tahun. Mataram merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah cukup berpengalaman menggelar kegiatan itu,” katanya.

Pelaksanaan lomba pawai takbiran di Kota Mataram dipusatkan di lima lokasi, yaitu Kecamatan Cakranegara, Ampenan, Sandubaya, dan Sekarbela. Sedangkan khusus di Kecamatan Mataram dan Selaparang digelar di satu lokasi, yakni di lapangan umum Sangkareang.

Panitia lomba pawai takbiran dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Mataram akan memilih peserta terbaik 1, 2, dan 3, di masing-masing lokasi penyelenggaraan. Peserta yang dinilai terbaik memperoleh uang pembinaan yang akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram Ahyar Abduh.

 

 

http://travel.kompas.com/read/2011/08/31/1814566/Turis.Antusias.Menonton.Pawai.Takbiran

Category: Wisata  Tags: , ,
Anda bisa melihat komentar atas artikel ini melalui RSS 2.0 feed. Anda bisa memberi komentar, atau melakukan trackback dari situs Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>